KONFIGURASI DEBIAN USER, NETWORK, DIREKTORI, DAN REPOSITORY

(Manajemen User)
-          Untuk menambah user baru gunakan perintah “adduser



  Selain perintah ‘adduser’ ada juga perintah lain yaitu ‘useradd’. Bedanya dengan ‘adduser’ perintah ini tidak membuat direktori baru dan tidak memberikan informasi yang lengkap. Tetapi memerlukan sintaks juga untuk menambahkan password yaitu “passwd ‘nama user’”





(Manajemen Direktori)
-          Untuk membuat direktori dapat dibuat dengan perintah ‘mkdir (nama folder)’ dan untuk melihat direktori yang tadi sudah dibuat dengan perintah ‘ls’



(Manajemen Network)
-          Untuk mengkonfigurasi network dan IP address kita menggunakan sintaks
 ‘nano /etc/network/interfaces’


-     
     Setelah itu akan muncul tampilan seperti ini. Isikan address, netmask, network dll. Atau ikuti setting-an saya berikut ini.


-          Perintah  ‘ip add show’  bisa digunakan untuk melihat settingan IP yang tadi sudah kita buat.





-          Ada juga perintah lain untuk melihat IP yang sudah dibuat yaitu ‘ifconfig’. Bedanya dengan ‘ip add show’ adalah kalau  ‘ifconfig’ bisa melihat informasi mengenai IP lebih lengkap dan rinci dibandingkan dengan ‘ip add show’.


(Manajemen Repository)
-          Untuk melakukan repository (Memperbaharui) debian bisa menggunakan 2 cara berikut yaitu dengan cara lewat CD dan lewat Internet. Untuk melihat isi dari repositori gunakan sintaks ‘nano /etc/apt/sources.list’.



-          Cara yang digunakan untuk merepository lewat CD adalah sebagai berikut. Saya disini menggunakan CD dalam bentuk ISO. Sitksnya adalah “apt-cdrom add”


-          Terlebih dahulu masukan file CD ISO nya lalu tekan enter. Lakukan hal yang serupa pada CD berikutnya, disini saya sampai 3 CD. Maka ulang demikian rupa tergantung berapa CD yang akan dimasukan.





-          Lalu akan muncul tampilan dari ‘nano /etc/apt/sources.list’ adalah sebagai berikut. Terdapat ISO CD yang dimasukan tadi. Dengan mempunyai nama deb cdrom:........... DVD Binary -3, dari binary
1-3.

-          Untuk melakukan pembaharuan (repository) lewat internet. Pertama  buka source listnya ‘nano /etc/apt/source.list’ untuk sintaks merepository menggunakan internet bisa lihat sintaksnya di google atau juga bisa mengikuti cara saya.




-          Setelah itu ketikkan sintaks ‘apt-get update’ setelah itu tekan enter dan tunggu sampai selesi atau sampai 100% dan jangan anda putuskan koneksi internet karna disini merepositorynya menggunakan internet.
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar