Definition Storage Area Network (SAN)

Assalamualaikum..
kali ini ane mau iseng aja berbagi ilmu tentang Storage Area Network atau yang biasa disingkat SAN. Langsung aja ke postingannya, CEKIDOTTT...!!!

SAN adalah sebuah jaringan berkecepatan sangat tinggi yang khusus, terdiri dari server dan penyimpan. Terpisah dan berbeda dengan LAN/WAN perusahaan, tujuan utama SAN adalah untuk menangani trafik data dalam jumlah besar antara server dan peralatan penyimpan, tanpa mengurangibandwidth yang ada di LAN/WAN. SAN tersambung melalui Fiber Channel, serabut optik berkecepatan tinggi atau kabel tembaga untuk menginterkoneksikan perangkat server dan penyimpanan, yang mengakibatkan kecepatan transfer data sampai 200 Mbps dalam konfi gurasiloop ganda, atau 100 Mbps dalam mode redundant. Teknologi ini menjadikan SAN sebuah jaringandedicated, platform-independent yang beroperasi dibelakang server.


Ada beberapa keunggulan dari SAN, yaitu:
Perbaikan availabillity aplikasi, Penyimpanan dapat berjalan secara independen dari aplikasi dan dapat diakses melalui jalur data ganda untuk kehandalan, ketersediaan, dan servis yang lebih baik.


Kinerja aplikasi yang lebih baik, Pengolahan storage off-load dari server dapat berpindah secara otomatis ke sebuah jaringan yang terpisah.


Penyimpanan lebih terpusat dan terkonsolidasi, sehingga bisa lebih mudah untuk manajemen, skalabilitas, fleksibilitas, dan ketersediaan.


Transfer backup data, Remote backup data dapat diaktifkan untuk perlindungan bencana dan perlindungan terhadap serangan berbahaya.


Manajemen  terpusat yang sederhana dengan sebuah single image dari media penyimpanan.



Dan juga ada beberapa Keuntungan utama dari pengunaan SAN, yaitu:


Performance
Fiber chanel mempunyai bandwidth 100mbps bandwidth dengan overhead yang rendah, dan SAN akan memisahkan trafik backup dengan trafik standart LAN/WAN.
Reliability
Infrastruktur transport data dapat menjamin tinggakat kesalahan yang sangat minimal, dan kemampuan dalam mengatasi kegagalan.
Availability
Satu copy dari data jadi dapat di akses oleh semua host melalui jalur yang berbeda dan semua data lebih efesien di manage nya.
Manageability
Berkembangnya perangkat lunak dan standart baik untuk FC-AL ( Fibre channel arbitrated loop ).
Return on information management
Karena bertambahkan tingkat redudansi dan kemampuan management yang baik, maupun kemampuan untuk ditambahkan server dan media penyimpanan (storage) secara independen.


Sampai saat ini untuk kelemahan/kerugian menggunakan Storage Area Network (SAN) belum terlalu terlihat jelas, karena jaringan ini sangatlah berguna karena kecepatannya itu.

Saat ini biasanya SAN digunakan untuk menghubungkan “Shared Storage Array” , tape libraries ke beberapa server, dan failover cluster untuk server.

Categories:

0 komentar:

Posting Komentar